Pengertian Internet, Sejarah, dan Manfaatnya

 
https://unsplash.com

Pengertian Internet  

Internet adalah jaringan global komputer yang terhubung melalui protokol komunikasi standar yang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Internet memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk saling terhubung dan berinteraksi secara online, mengakses informasi, berkomunikasi, dan berbagi sumber daya dan layanan melalui berbagai platform dan aplikasi.

Sejarah dan Pekembangan Internet di Dunia

Seperti yang dijelaskan di atas, internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer-komputer dari seluruh dunia. Dengan internt, sebuah komputer bisa mengakses data yang terdadapat di pada komputer lain dibenua yang berbeda. Dengan internet, sebuah toko online bisa tetep terbuka selama 24 jam sehari dan 7 dari seminggu tanpa henti. Dengan internet, kejadian penting yang terjadi disuatu negara bisa segera diketahui oleh orang lain di negara yang berbeda.

jika menilik dari sejarahnya, Internet dan jaringan komputer adalah hasil evolusi dari ARPANET, sebuah proyek riset tingkat tinggi yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. DAPRA mensponsori pekembangan jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP), TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situ saja yaitu Standford Research Insitute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Tidak lama kemudian proyek tersebut berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua Univesitas di negara tersebut inging bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebat itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil  untuk keperluan non-militer seperti, Universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DAPRA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Pada tahun 1982 instilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protocol universal untuk jaringan sersebut. Pada tahun 1986 diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer. Singkatnya begini, komputer hanya mengenali IP Address. Dengan DNS anda cukup mengingat www.google.com karena DNS nanti yagn akan menerjemahkan menjadi 173.194.38.165 dan kemudian diakses oleh komputer kita.

Berkaitan dengan DNS ini, pada 09 Juli 2012 diisukan akan terjadi kiamat internet yang terjadi. Ini terjadi karena telah tersebar DNS Charger ke seluruh dunia. DNS Charger adalah program jahat yang dapat mengubah konfigurasi Domain Name System (DNS) pada komputer korban. Secara diam-diam, program jahat ini mampu mengarahkan DNS korban ke server DNS palsu milik Revo Digital.

Seharusnya, alamat DNS setiap komputer diarahkan ke server DNS mikik penyedia layanan internet (Internet Service Provider - ISP). Penjahatnya sudah ditangkap oleh FBI dan dipolisikan Estonia. Pada tanggal 09 Juli 2012 kemarin FBI diperintahkan untuk mematikan DNS palsu tersebut yagn diduga akan membuat komputer di berbagai behalan dunia tidak dapat mengakses internet karena dia tidak bisa mendapatkan IP Address sesungguhnya ketika dia mengetikan sebuah alamat web seperti www.google.com. Namun ternyata hal itu tidak terjadi. Orang-orang dapat mengakses internet tampa hambatan terhenti.

Manfaat Internet Bagi Kehidupan Sehari-hari

Internet memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk melakukan banyak hal, tak hanya anak-anak tetapi berbagai kalangan pun sangat terbantu dengan keberadaan internet. Lalu apa saja manfaat yang bisa diperoleh diberbagai bidang kehidupan? berikut jawabanya:

  1. Manfaat Dibidang Pendidikan

    Internet sangat membantu bagi kegiatan peserta didik di ranah pendidikan. tak hanya para mahasiswa yang telah menuntut ilmu di perguruan tinggi saja, namun mereka yang masih duduk di jejang SD, SMP, SMA juga sangat terbantu dengan adanya internet. Selain itu, setiap orang dapat meningkatkan keterampilan masing-masing. Melalui banyak nya fitur yang bisa di akses dengan internet.

    Dengan jaringan yang baik dan cepat. kita dapat menemukan berbagai hal baru. Jadi akan sangat mudah bagi siapapun untuk mengaksesnya dan menguji keterampilan yang dimiliki.

  2. Manfaat Dibidang Kesehatan

    Di bidang kesehatan, internet juga memberikan banyak manfaat. Anda bisa mengakses informasi kesehatan dengan bantuan jaringan komputer. Bahkan informasi kesehatan tersebut sudah sangat banyak ditemui, sampai-sampai Anda lah yang harus berhati-hati ketika mencari informasi tersebut.

    Dengan internet pula, orang-orang menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan para dokter. Beberapa website kini telah menawarkan konsultasi kesehatan secara online dengan para dokter yang memang ahli di bidang kesehatan tertentu. Melalui internet pula, Anda dapat mengakses berbagai hal untuk menjaga kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat, cara mengelola kesehatan, makanan yang bagus dikonsumsi atau dihindari, rekomendasi rumah sakit, dan masih banyak lagi lainnya.

  3. Manfaat Dibidang Bisnis 

    Lalu di bidang bisnis, internet juga memudahkan para pebisnis dalam meraih keuntungan finansial. Bagi para pengusaha, Anda bisa membuat website usaha, e-commerce, industri kreatif, atau bisnis startup. Yang penting diperhatikan pula, ketika memutuskan untuk menggunakan internet dalam kegiatan bisnis, maka jangkauan yang Anda miliki akan jauh lebih luas. Dengan begitu, bisnis juga akan lebih mudah berkembang.