Part 2: Memilih Kode Editor

 

 
Hallo kawan Informatika bejumpa lagi dengan saya kali ini kita akan memilih kode editor yang tepat untuk melanjutkan belajar HTML, yang sebelumnya kita sudah belajar pengertian dan sejarahnya dan keranga dasar HTML.  

Text Editor merupakan aplikasi yang digunakan untuk menulis syntax atau kode program, disini khususnya untuk penulisan kode program HTML itu sendiri. Text Editor sendiri sangatlah banyak yang bisa digunakan untuk menuliskan kode HTML, seperti Notepad yang disediakan oleh sistem operasi Window ada juga Nano yang ada di sistem operasi Linux, dan TextEdit yang disediakan oleh MacOS. Text Editor berbeda dengan Word Processor (Microsoft Word, King Soft, WPS, Libary Office). itu dakeranakan Text Editor tidak bisa digunakan untuk mengatur format dokumen serta tidak disediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk destop publishing.

Browser adalah aplikasi yang akan kita gunakan untuk menjalankan kode program yang kita buat di Text Editor, untuk browser bisa menggunakan bawaan dari sistem operasi atau bisa menggunakan yang lain seperti Google Chrome, Firefox, Opera dan sebagiany.

Memilih Text Editor

Berikut beberapa Text Editor yang Kami Sarankan untuk digunakan dalam penulisan kode program khususnya untuk sekarang belajar HTML.

  • Visual Studio Code. Visual Studio Code adalah aplikasi buatan Microsoft yang bisa dijalankan disemua sistem operasi secara gratis. Kelengkapan fitur dan extensi membuat kode editor ini menjadi pilihan utama bagi developer untuk pengembangan. Berdasarkan survey dari Stack Overflow, Visual studio Code merupakan editor terpopuler di kalangan developer profesional, untuk anda yang ingin menggunakan nya bisa di download di sini
 
Visual Studio Code
       
  • Sublim Text. Text editor ini berfungsi untuk menulis sejumlah kode script serta mendukung berbagai jenis file. Selain itu sublim text juga mendukung berbagai macam programming language seperti C++, C, PHP, CSS, HTML, untuk sublim text sendiri ada yang veri gratis ada yang berbayar, jika anda ingin menggunakan sublim text bisa mencobanya berikut ini link untuk downloadnya klik di sini
Sumlim Text

  • Notepad++. Text editor ini juga sama seperti dua sebelumnya yaitu untuk menuliskan kode program, dan Kode Editor ini Open Source dan ringan, untuk link downloadnya bisa di klik di sini
Notepad++
  •  Atom. Adalah text editor Free dan Open-Source. Text Editor ini mampu digunakan di MacOS, Linux, Windows, Text Editor ini dibangun menggunakan Node.js dalam pembuatan setiap plugin dan fitur yang dikembangkan oleh aplikasi berbasis website. klik di sini untuk mendownloadnya.
Atom